Monday, 21 July 2008

Plafond dan Partisi Lebih Berkualitas


Agar tampilannya lebih bersih dan rapi, sebagian besar rumah memilih untuk menutupirangka atapnya dendan plafon. Umumnya, bahan yang digunakan untuk plafon adalah triplek atau panel gypsum. Sayangnya, kedua bahan tersebut masih memiliki beberapa kelemahan, diantaranya tidak tahan terhadap kelembaban. Padahal jika atap bocor, tetesan air pasti akan jatuh ke plafon dan bercak-bercak akan timbul kemudian plafon pasti rusak.


Plafon dari triplek juga biasa terkena rayap. Karena bahan dasarnya dari kayu, sekali menyerang, rayap tak segan-segan menghabisi plafon sampai kropos. Lagi-lagi pemandangan yang tidak sedap terpaksa hadir di ruang dalam rumah akibat rusaknya plafon.









Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, kini hadir inovasi material baru untuk plafon, yaitu GRC board. GRC board adalah papan semen fiberglass yang ringan namun kuat. Material ini tahan terhadap air dan kelembaban, sehingga tidak mudah lapuk dan berjamur. Dibandingkan triplek atau panek gypsum, GRC board lebih tahan api dan kuat terhadap benturan. Material ini pun bebas rayap dan asbestos.

Satu keunggulan lain dari GRC board adalah kedap suara. Karena alas an inilah, material ini cocok digunakan sebagai partisi alias penyekat ruangan.

Pemasangan GRC board sangat prastis. Panel semen ini memiliki permukaan yang rata dan halus, sehingga proses finishing lebih mudah, dapat langsung dicat tanpa harus diplamir. Panel ini juga mudah dipotong dengan cutter atau gergaji untuk panel yang tipis, sementara gerinda digunakan pada panel yang lebih tebal. Untuk merapikannya cukup gunakan amplas.







· Memiliki permukaan yang halus

· Kuat & Tahan lama

· Tahan cuaca

· Tahan jamur

· Tahan rayap

· Tahan air / lembab

· Tahan benturan

· Tidak mudah terbakar

· Kedap suara

· Mudah diplamir

· Mudah disekrup / dipaku

· Harga ekonomis

· Hemat dalam pengecatan







Ukuran standar GRC board bervariasi, yaitu 5 mm x 1220 mm x 2440 mm, 6 mm x 1220 mm x 2440 mm, 8 mm x 1220 mm x 2440 mm, dan 10 mm x 1220 mm x 2440 mm. Namun, ukuran di luar standar dapat dipesan. Untuk plafond umumnya digunakan ketebalan 5 mm atau 6 mm, sedangkan untuk partisi dapat digunakan 6 mm, 8 mm, atau 10 mm.

Grc board mempunyai 2 jenis sisi, yaitu tepi rata ( SE ) dan landai ( RE ). Khusus untuk plafond, GRC board memproduksi Fiberflat dengan ukuran 4 mm x 600 mm x 1200 mm dan 4 mm x 1220 mm x 2440 mm yang hanya tersedia dalam tepi rata ( SE ).








GRC board untuk plafond cukup dipasang pada rangka kayu atau metal.

· Pertama-tama, ukur luas bidang yang akan dipasang. Buat jarak antara rangka 610 mm x 1220 mm untuk memudahkan pemasangan.

· Kemudian GRC board dipasang dengan paku atau sekrup dengan jarak 10 mm dari tepi dan 50 mm dari sudut.

· Antar GRC board diberi celah 2-5 mm dan celah tersebut diisi oleh compound A+B dengan perbandingan 1:1, lalu tutup dengan papertape yang juga sudah dioleskan compound A+B. Diamkan sekitar 24 jam sebelum ditutup dengan cornice adhesive.

· Saat finishing, sambungan diamplas searah sambungan, kemudian langsung dicat.










Pemasangan GRC board untuk partisi dapat menggunakan rangka kayu atau rangka metal, dengan jarak rangka tidak lebih dari 610 mm. Panel semen kemudian dipaku atau disekrup dengan jarak 10 -12 mm dari tepi dan 50 mm dari sudut. Untuk menutup sambungan antar papan semen cukup menggunakan compound GRC A+B.


Saat ini sudah banyak bangunan yang menggunakan GRC board, baik untuk plafon maupun partisi baik oleh developer Swasta maupun Kontraktor Pemerintah dan Masyarakat.



Lokasi : Mall Artha Gading & Perum. Lily Garden II

Aplikasi : Partisi & Plafond

No comments:

Post a Comment

Post Comment At Here: