Saturday, 14 August 2010

Pengenalan Produk GRC Board

1. Profil Perusahaan
PT. Aneka Karya Tangguh merupakan Distributor dari produk GRC board (Glassfibre Reinforced Cement) untuk daerah Provinsi Riau dan sekitarnya. Selain itu produk kami dalam hal kualitas dan pelayanan telah memiliki sertifikat KEMA ISO 9001 : 2000. Lokasi kantor PT. Aneka Karya Tangguh berada di Jl. Kayu Manis No. 39 E, Pekanbaru - Riau.

2. Produk
PT. Aneka Karya Tangguh Memasarkan 5 jenis produk yang terdiri dari produk Internal (Indoor) dan produk External (Outdoor), yang antara lain :

* FiberFLAT merupakan produk internal dengan ketebalan 4 mm ukuran (600 x 1200)mm dan (1220 x 2440)mm dapat diaplikasi untuk plafon system nat terbuka (Pengganti Tripleks).

* GRC board merupakan produk internal dengan ketebalan 5 dan 6 mm ukuran (1220 x 2440)mm , dapat diaplikasikan untuk plafon dengan system tanpa nat (flush joint), serta ketebalan 6, 8, 10 mm ukuran (1220 x 2440)mm dapat diaplikasikan untuk partisi.

* SUPERPANEL merupakan produk external dengan ketebalan 9 dan 12 mm ukuran (1220 x 2440)mm dapat diaplikasikan untuk Cladding dan Cover Column, sedangkan untuk ketebalan 15 mm dapat diaplikasikan sebagai Lantai.

* SUPERPLANK merupakan produk external dengan ketebalan 9 mm ukuran (100 x 2440) mm, (200 x 2440) mm, dan (300 x 2440) mm dibuat khusus untuk Listplank.

* SIMPLEPLANK merupakan Inovasi baru lisplank minimalis sangat cocok untuk desain rumah type minimalis, lebih kuat&simple. Tepi lisplank rata Square Edge (SE) Tahan terhadap air/kelembaban & tahan api Tahan jamur & rayap, Dimensi: 8mm x 100 x 2440mm (berat 3kg) 8mm x 200 x 2440mm (berat 6kg) 8mm x 300 x 2440mm (berat 9kg... merupakan produk external dengan ketebalan 9 mm ukuran (100 x 2440) mm, (200 x 2440) mm, dan (300 x 2440) mm dibuat khusus untuk Listplank.

3. Keunggulan/Kualitas produk.
Dalam hal ini akan dijelaskan satu persatu beberapa keunggulan dan kualitas produk GRC board, yaitu :

1. Tahan Air/Kelembaban.
Yang dimaksud tahan air adalah apabila terkena air tidak rusak (Water Resistant) dan apabila kering akan kembali seperti semula, tetapi produk GRC apabila dalam keadaan basah tidak dianjurkan untuk diaplikasikan karena kekerasan produk akan berkurang, dan dalam penyimpanan diarea terbuka harus dilindungi oleh plastik penutup agar tidak langsung terkena air pada saat hujan.

2. Tahan Jamur.
Produk GRC board tidak rusak oleh jamur dan apabila jamur berada pada produk GRC board akan mudah dibersihkan, terlebih lagi apabila telah difinish dengan cat yang memiliki ketahanan terhadap jamur lebih baik.

3. Tahan Rayap.
Produk GRC board tidak dapat dirusak oleh rayap karena memang dibuat dari bahan dasar semen, yang rayap cenderung tidak mudah untuk merusaknya. Selain itu produk GRC board tidak mengandung agregat yng merupakan media untuk rayap berkembang biak.

4.Kuat & Tahan Benturan.
Produk GRC board memiliki tampilan yang kokoh dan keras, apabila diberikan beban dengan bandul standar laboratorium, tahan pada ketinggian 110 cm untuk ketebalan 6 mm dan 100 cm untuk ketebalan 5 mm.

5.Kedap Suara.
Untuk system partisi menggunakan produk GRC board dapat meredam suara dengan penjelasan sbb :



6.Tahan Api
Produk GRC board memiliki ketahanan api berdasarkan pengujian di Puslitbangkim DPU mencapai nilai FRR (Fire Resistant Rating) = 150 menit dengan menggunakan GRC 10 mm rangkap dua sisi dan rangka metal stud 76. Pada pengujian di PSB Singapore mencapai nilai ketahanan api 60 menit dengan menggunakan GRC 6mm + Gypsum 12 mm dua sisi dan rangka metal stud. Parameter tahan api untuk produk GRC board adalah sebagai berikut:

a. Produk GRC board berdasarkan pengujian termasuk Non-Combustable atau tidak merambatkan api, dalam hal ini apabila ada titik api maka tidak menjalar ke sekitar produk GRC board.
b. Produk GRC board apabila terbakar tidak menimbulkan api, berbeda dengan material kayu yang apabila terbakar akan membara.
c. Produk GRC board apabila terbakar tidak meningkatkan suhu disekitar ruangan yang terbakar.

7.Tidak Perlu diplamir dan Mudah dicat.
Permukaan GRC board sangat halus sehingga tidak diperlukan plamir sebelum dilakukan pengecatan, dalam hal ini dapat dibandingkan dengan produk triplek yang harus diplamir terlebih dahulu sebelum pengecatan.

8. Mudah dipotong.
Pada ketebalan produk GRC board seperti Fiberflat 4 mm, GRC board 5 dan 6 mm dapat dilakukan pemotongan dengan pisau Cutter dan gergaji setelah itu diamplas untuk perapihan, sedangkan produk lain untuk ketebalan 8,9,10,12,15 mm harus menggunakan mesin potong keramik untuk pemotongan.

Dari penjelasan diatas produk GRC board juga memiliki keunggulan lain bebas asbestos, kualitas eksport, ramah lingkungan dan efisien dalam waktu pengerjaan, penggunaan tenaga kerja yang tidak perlu banyak, rendah dalam pemeliharaan dan ringan.

4. Pengaplikasian Produk.

1. Plafon
Untuk system aplikasi Open Nut cukup menggunakan FiberFlat 4 mm, sedangkan untuk system aplikasi Flushjoint dapat menggunakan GRC board 5mm atau 6mm (tepi papan diresess).

2. Partisi
Dalam pengaplikasian partisi minimal menggunakan GRC board dengan ketebalan 6 mm, sedangkan untuk fungsi kedap suara dapat menggunakan GRC board dengan ketebalan 8 mm atau 10 mm.

3. Cover Column
Apabila fungsi kolom berada didalam ruangan (Indoor) dapat menggunakan produk GRC board 8 mm atau 10 mm, sedang untuki diluar ruangan (Outdoor) dapat menggunakan produk Superpanel 9, 12, atau 15 mm.

4. Listplank
Superplank 9 mm digunakan untuk pengganti listplank konvensional yang terbuat dari kayu. Dimensi yang tersedia adalah 9x100x2440, 9x200x2440, 9x300x2440 dan dapat diaplikasikan dengan kombinasi antar panel. Sedangkan untuk permintaan dimensi ukuran khusus dapat dipesan secara khusus.

5. Cladding
SuperPanel 9 mm digunakan sebagai bahan alternative untuk cladding luar.

6. Backing Spandrell / Curtain Wall
Dipakai pada gedung tinggi dengan exterior dinding kaca, sebagai lapisan dalam kaca dengan menggunakan GRC board 6 mm atau 8 mm.

7. Alas Atap
GRC board 10 mm dapat dipakai sebagai dasar atap Bitumen single.

8. Lantai
Pengaplikasian untuk lantai dengan beban guna 355 Kg/m2 menggunakan SuperPanel 15 mm.

9. Cubical Toilet
Sebagai alternatif penyekat pada toilet dengan satu sisi saja, ketebalan yang digunakan SuperPanel 15 mm.

5. Bahan Pendukung.

1. Rangka Kayu.
Apabila menggunakan rangka kayu dapat dipakai kayu kaso 5/7 dan dianjurkan telah dioven agar stabil. Jarak maksimum aplikasi rangka pada plafon dengan kaso 5/7 adalah 61 x 122 cm dan kayu penggantung maksimum setiap jarak 122 cm atau lebih rapat lebih baik. Jarak maksimum aplikasi rangka pada partisi dengan kaso 5/7 adalah 61 x 244 cm dan dapat pula menggunakan kayu 5/10 atau 6/12, terkadang penggunaan rangka disesuaikan dengan kusen pintu dan jendela.

2. Rangka Hollow.
Yang dapat digunakan pada aplikasi plafon dari rangka hollow dengan dimensi 1,2 x 40 x 40 mm (tebal x lebar x tinggi) serta panjang yang bervariasi antara 3 ~ 4 m. Jarak maksimum aplikasi rangka dengan kaso 5/7 adalah 61 x 122 cm dan kayu penggantung maksimum setiap jarak 122 cm atau lebih rapat lebih baik.Sedangkan untuk aplikasi partisi, cladding, cover kolom disesuaikan dengan ketebalan hollow yang mencukupi.

3. Rangka Metal Furing.
Pada aplikasi plafon metal furing diaplikasikan dengan jarak 40 cm dan maksimum 122 mm untuk C-Channel. Selain itu pada sisi GRC board lebar 122 harus dipasang rangka juga.

4. Rangka Metal Stud.
Pada aplikasi partisi metal stud diaplikasikan maksimum 61 x 244 cm dengan menggunakan Metal Stud 76.

6. Material & Alat Pendukung.

1. Material Pendukung.

• Paku untuk pemasangan pada rangka kayu.
• Sekrup untuk pemasangan pada rangka metal.
• Compound GRC A+B untuk pengisi celah antar papan 2 – 3 mm.
• Paper tape untuk penutup celah setelah aplikasi compound GRC A+B.
• Cornice Adhesive untuk aplikasi base coat dan top coat setelah paper tape.
• Sealant untuk sambungan superpanel pada external.
• Back up rod untuk pengisi celah sebelum disealant, selain itu untuk menghemat penggunaan sealant.

2. Alat Pendukung.


• Scaffolding sebagai perancah untuk pemasangan GRC board.
• Catwalk untuk alas setelah perancah (scaffolding).
• Mesin potong keramik

7. Test Produk.

1. Uji Ketahanan Api.
Test ini bersertifikat dari Puslitbangkim DPU dengan hasil uji FRR = 150 menit.

2. Non Combustibility Test.
Hasil uji dikeluarkan oleh PSB Singapore dengan hasil tidak merambatkan api.

3. Fire Resistance Rating.
Hasil uji dikeluarkan oleh PSB Singapore dengan hasil tidak merambatkan api.

4. Sound Transmission Class.
Test ini bersertifikat dari Puslitbangkim DPU dengan hasil uji FRR = 150 menit.

No comments:

Post a Comment

Post Comment At Here: